Ungu Ajak Penggemar Insyaf
Jumat, 8/8/2008 | 18:18 WIB

JAKARTA, JUMAT — Grup band yang satu ini memang tidak pernah mati dalam berkreasi mencipta lagu-lagu yang enak didengar. Suguhan nada yang easy listening dan lirik yang menyentuh membuat lagu-lagu Band Ungu begitu melekat di telinga penikmat musik Tanah Air.

Hal itu pulah yang cukup terasa di album religi ketiganya kali ini. Mengusung single hits Dengan Nafasmu, Ungu mencoba untuk tidak sekadar mengajak berdendang, tapi juga mengajak orang untuk mau berhijrah untuk berprilaku lebih baik.

“Gue sengaja (membuat lagu ini) untuk mengajak lu berubah, dan gue juga berubah. Insya Allah, lagu ini bisa menjadi guru buat kita semua,” ucap Enda, gitaris Ungu, yang menciptakan lagu Dengan Nafasmu, di sela syuting video klip Ungu di stasiun bersejarah Tanjung Priuk, Kamis (7/8) kemarin.

Menurut Enda, lagu tersebut dibuat tidak lepas dari pengalaman emosional para personel Ungu yang sempat mengalami peristiwa-peristiwa yang dekat dengan kematian.

“Belasan tahun kita bersama, kita pernah merasakan hampir terjadi kecelakaan pesawat, lalu orang meninggal demi menonton kita, mudah-mudahan ini bisa berarti bagi semua,” imbuhnya.

Untuk penggarapan video klip single hit-nya tersebut, masih dipercayakan kepada sutradara video klip Abimael Gandy. Sementara, untuk model video klip diberikan kepada Sarah Jane.

Alur cerita video klip Dengan Nafasmu menceritakan seorang gadis broken home yang mencoba mencari makna hidup, di tengah konflik yang terjadi di antara keduanya. “Pada suatu waktu gadis ini melihat seorang ibu tertabrak mobil, dari situ dia mulai merenung. Tiba-tiba melihat cahaya yang keluar dari kitab suci Al-Qur’an yang disimpan dalam laci, yang menuntunnya untuk kembali ke pangkuan ibunya untuk menjalani hidup lebih baik lagi,” ungkap Gandy.

Album religi yang ke tiga ini diselesaikan selama Band Ungu melakukan tur ke beberapa wilayah di Indonesia, adapun penyelasaiannya selama dua bulan setengah, ada lima lagu baru di album Ungu kali ini, yang akan dilaunching rencananya sebelum bulan puasa.(C-04)